WELCOME IN BLOG-'E CAH BEGAL, KEDUNGGALAR, NGAWI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA

Usaha Kecil Menengah "jadi bekal"

        Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Serta usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil
dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Di Indonesia, jumlah UKM hingga 2005 mencapai 42,4 juta unit lebih.
Salah satu hal yang membuat suatu bisnis Usaha kecil maju dan menuai hasil yang baik adalah pada perencanaan usaha yang matang. Salah satu kiat sukses bisnis berada pada  perencanaan  usaha yang didasarkan pada analisa terhadap beberapa faktor yang akan berpengaruh pada kelangsungan usaha bisnis yang dijalani.  Analisa bisnis ini memegang peranan yang cukup penting bagi usaha kecil. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis usaha kecil, faktor tersebut berasal dari internal usaha kecil dan berasal dari eksternal bisnis.
Salah satu contoh UKM yang ada adalah Loekis Collection, merupakan sebuah Usaha Kecil Menengah di bilangan Tanah baru, Depok. Usaha ini dirintis oleh Tati Sulasmana, seorang ibu paruh baya yang juga membuka usaha Catering. Loekis Collection ini merupakan usaha yang dikembangkan dengan kreatif oleh Ibu Tuti. Dari sebuah barang polos, dapat disulap indah menjadi barang yang bernilai tinggi. Beberapa barang yang dapat dilukis antara lain : gelas, sepatu, mukena, tas mukena, taplak meja, tempat tisu dan berbagai barang lainnya. Cat yang dibutuhkan dalam melukis ini haruslah cat yang warnanya tidak mudah luntur jika terkena air serta memiliki keawetan dalam segi kualitas dan warna.
Loekis Collection sudah semakin berkembang seiring dengan semakin meningkatnya konsumen yang tertarik dengan hasil karya ini. Peminatnya pun beragam, mulai dari ibu-ibu sampai mahasiswa. Pernah suatu ketika ada mahasiswa yang datang ke rumahnya untuk mewawancarainya kemudian Bu Tuti dengan senang  hati juga mengajarkan teknik melukis ini. Selanjutnya para mahasiswa tersebut mengikuti jejak kreatifitas Bu Tuti, dan beliau sama sekali tidak keberatan.
Kreatif, merupakan awalan yang dapat menjadi bekal menuju kesuksesan. Dengan kerja keras yang disertai tawakal, insya Allah semua akan tercapai.
Jadi, apa ide kreatif kamu? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar