WELCOME IN BLOG-'E CAH BEGAL, KEDUNGGALAR, NGAWI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA

Keselamatan Garpu Pengangkat Fork lift

Keselaatan Garpu Pengangkat Fork lift
Pengoperasian garpu pengangkat adalah pekerjaan para ahli. Petugas yang tidak terlatih dan tidak berwenang harus dikeluarkan dan bidang khusus mengemudi ini.
Ciri seorang profesional untuk operator pengangkat (lift) adalah sabar dan tenang. Dia mengetahui
pekerjaannya dan kendaraannya. Kedua faktor ini bergabung menjadi pengoperasian yang lancar.
Akan tetapi semua operator profesional harus menghindari menjadi terlalu puas diri apabila ingin menghasilkan prestasi yang prima. Jadi marilah kita meninjau beberapa hal yang membedakan operator profesional dan para amatir.
Salah satu dasar keselamatan adalah mengemudi pada kecepatan aman. Suatu kecepatan yang tepat baik bagi lingkungan maupun jenis muatan yang anda bawa. Hal ini merupakan bagian dari mengemudi yakni mudah terpeleset (slip). Apabila anda menjadi terbiasa mengemudikan truk bertenaga dan dapat menanganinya dengan baik, kecepatan tinggi mulai terbiasa.
Hal ini terkait langsung dengan salah satu tanggung jawab yang terpenting dari operator truk bertenaga – keselamatan pejalan kaki. Para pejalan kaki itu mungkin menguji kesabaran anda pada waktu-waktu tertentu, tetapi mereka sangat tidak sebanding manakala anda berada dalam truk. Anda sadar betapa besar tenaga yang anda keluarkan ; para pejalan kaki tidak demikian. Bunyikan klakson anda untuk memperingatkan mereka bahwa anda mendekati dan lihatlah kebelakang manakala anda terhalang. Sudah barang tentu menghadap arah perjalanan anda adalah keharusan bagi pengemudi yang aman.
Sudut-sudut yang tidak dikenal dan jalan-jalan didepan pintu merupakan daerah kritis dan hal itu harus diperlakukan sebagai “tanda berhenti”. Lagi, membunyikan klakson di daerah ini adalah gagasan yang baik. Kebanyakan pengoperasian yang selamat atas truk bertenaga bergantung pada muatan sehingga hal ini merupakan bagian pekerjaan anda yang tidak dapat anda abaikan. Truk harus bermuatan hanya sesuai denan kapasitas yang telah ditentukan. Kelebihan muatan dapat mengakibatkan truk terbalik. Jangan menerima muatan yang tidak stabil.
Sementara kita membicarakan perihal muatan, ketahuilah selalu batas muatan lantai atau permukaan dimana anda akan mengemudi ; Apa yang ada diatas kepala adalah penting juga. Pahamilah pembersihan peralatan-peralatan yang diatas kepala.
Anda harus tetap membuka mata karena peralatan baru mungkin telah ditambahkan sejak terakhir kali anda berkunjung ke suatu daerah.
Ketika anda berada diatas kendaraan garpu pengangkat, garpu harus diangkat hanya sebentar beberapa inci dari lantai. Garpu-garpu yang terangkat dapat menyebabkan cidera kepada seseorang atau kerusakan pada alat-alat atau bahan-bahan berharga. Garpu-garpu tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih jauh pada waktu mengambil muatan. Jangan mendorong muatan dengan garpu-garpu atau truk. Tentu saja, jangan biarkan siapapun berjalan di bawah garpu-garpu.
Aturan dasar bagi operator truk adalah jangan menerima penumpang. Hal ini adalah salah satu hal yang utama bahwa seorang pengemudi belajar apabila diserahi tugas mengemudikan truk. Namun demikian para pembonceng disekitar pabrik terus-menerus menguji disiplin anda terhadap aturan  ini.
Aturan mengenai pengemudi yang tidak berwenang dapat dilanggar tanpa sepengetahuan anda apabila anda meninggalkan truk anda tanpa mematikan mesin dan mencabut kuncinya. Rem juga harus dipasang dan tuas perseneling dalam keadaan netral. Ikuti prosedur ini bahkan jika anda hendak pergi hanya untuk sebentar.
Untuk keselamatan anda sendiri, langit-langit diatas kepala harus diperiksa dan berada ditempatnya sebelum memulai kerja setiap hari. Jagalah agar tangan dan kaki anda didalam garis batas truk, dan jangan letakkan di antara tiang-tiang.   Selalu gunakan sabuk pengaman dan pastikan sabuk itu disesuaikan untuk anda.
Apabila perlu untuk memparkir truk anda, jangan meninggalkannya dimana truk tersebut menghalangi jalan menuju pintu atau disebuah lorong atau didepan peralatan darurat.
Adalah tidak mungkin untuk menutup semua titik keselamatan truk bertenaga dalam beberapa menit. Tetapi sebagai penutup, saya mengingatkan anda untuk tidak merokok sewaktu mengisi bensin dan selalu mundur ditanjakan dan turunan pada waktu memuat.
Keselamatan truk bertenaga adalah hanya satu tahap dari keselamatan pada waktu bekerja. Tetapi seperti semua yang lain, hal tersebut dapat tercapai hanya dengan melakukannya setiap hari.
JADI TETAPLAH WASPADA, DAN LAPORKAN SETIAP MASALAH PENGOPERASIAN TRUK KEPADA PENGAWAS ANDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar